Binus Hacker - Independent Hacking Community   Subscribe to BINUS HACKER Subscribe to BINUS HACKERSubscribe to BINUS HACKER FacebookSubscribe to BINUS HACKER Twitter

Software Mereset BIOS

22 June 2011
Penulis:   · Kategori Artikel: Tools

BINUS HACKER Binus Hacker Is Not Criminal Banner

BINUS HACKER

BINUS HACKER


PENDAHULUAN

BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:

  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.

BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai “kehidupan” dalam tulisan Yunani (Βίος).

Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut:

Contoh dari CMOS Setup (Phoenix BIOS)

  • Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  • Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
  • Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang. (id.wikipedia.org)

SOFTWARE UNTUK MERESET BIOS

Keamanan komputer untuk mencegah tangan yang usil merubah setting bios, kita akan membuat pasword proteksi yang tujuannya bila masuk ke system bios harus memasukkan pasword. Benar-benar aman, namun karena terlalu banyaknya system pasword di komputer dan kita tidak bisa menghapalnya, mungkin kita lupa pasword tersebut, sehingga kita tidak bisa masuk ke dalam system bios untuk merubah setting bios.

Ada cara yang biasa dilakukan yaitu dengan cara membuka casing komputer, dan memindahkan jamper slot dari Clear CMOS, namun pekerjaan itu sangat lama, bahkan bila kita tidak hati-hati, akibat dari membuka cashing komputer dapat membuat komponen komputer lainnya terganggu dan kendur sehingga pada saat menghidupkan komputer tidak mau bekerja, dan kita terpaksa harus membokar ulang dan memeriksanya kembali, sungguh menjengkelkan terpaksa harus dua kali kerja.

Anda sekarang tidak perlu harus membuka cashing dan melakukan short jamper untuk Clear CMOS, anda dapat menggunakan software PC Cleaner CMOS seperti dibawah ini

PC CMOS Cleaner 2.4 2.4


100% PC CMOS Cleaner merupakan alat yang mudah digunakan untuk memulihkan, menghapus, decode dan menampilkan password yang disimpan di BIOS apa pun merek tersebut. Hampir semua tipe BIOS yang didukung. Ini adalah CD bootable yang berjalan pada komputer x86 dan x86_64. Tidak perlu membayar biaya mahal untuk ahli. Ini adalah alat yang berguna bagi pengguna untuk mendapatkan password BIOS mereka yang hilang kembali, atau menghapus password dari komputer lama dibeli dari orang lain.

Nama File : PCCMOSCleaner.iso
File Size : 58,33 Mb
Download Software Reset BIOS

Selamat mencoba & semoga bermanfaat.
PS: Silakan berkunjung ke Forum BinusHacker untuk berdiskusi di http://forum.binushacker.net

BINUS HACKER Binus Hacker Chat and Forum

Komentar

57 Komentar Untuk “Software Mereset BIOS
Silahkan Berikan Tanggapan Anda Untuk Artikel Ini...

  1. anggemar pada 12 February 2014 3:27 am

    m’af numpang tamya bagaimna cara mematika hacker semua jaringan d gedung niii

  2. anggemar pada 12 February 2014 3:42 am

    m’af numpang tanya bagaimna cara mematika jaringan dari jarak jauh bisa gak……….. dan bagaiman cara mematikan jaringan di warnet dari jarak jauh

    bisa tolong krim tutorial nya

    anggemar_2317@yahoo.com

  3. anggemar pada 12 February 2014 3:45 am

    bagaimana cara menghack warnet dari jarack jauh

  4. Admin pada 6 May 2014 12:55 am

    adminnya molor x,.. ga mau respon pertanyaan. wong situs donlotnya aja udah tutup koq postingan msh nongkrong ajah haha ..btw hacker gemblung msh matre jg wkwk

  5. qolbin pada 7 February 2015 12:00 am

    lw sisitem operasi nya .. sudah tidak mau masuk k windows dan pasword bios lupa ,, bgaiman solusinya gan

  6. Greg pada 10 March 2015 5:59 am

    Kalo mengembalikan Bios ke pengaturan aslinya bagaimana????
    karna biaos saya error ngak mau booting AHCI, Kalo IDE bisa Padahal awalnya saya booting lewat AHCI bisa….????????????

  7. zhiva pada 8 June 2015 5:20 am

    kok gak bisa di download… file nya yang mana.. dari pccmos.com…

Silahkan Berikan Tanggapan Anda...