Home / News / Perbedaan PHP dan ASP
microsoft-.net-framework

Perbedaan PHP dan ASP

Ane sedikit penasaran dengan yang namanya php dan asp .net, iseng dah barusan ane cari cari sumber buat muasin rasa penasaran ane yang bejibun ini… seperti biasa hal yang pertama ane lakukan untuk mencari sesuatu yang menurut ane “unknown” ane buka wikipedia sang enslikopedia “lengkap”, setelah ane buka eh malah cuman disuguhin hal yang minim tentang php dan beralih lah ane ke si mbah gugle, and walah,, ane nemu satu artikel yang singkat padat jelas dan yang pasti bisa menuhin rasa penasaran ane selama ini, so apa salahnya ane bagi disini,, ya kan??

So lets cek this out....

Bagi para webmaster yang baru belajar saya hanya ingin menjelaskan sedikit yang saya dapatkan untuk pertanyaan yang selalu ditanya apa sih perbedaan PHP dengan ASP..

Bagi orang awam tentang pemprograman website PHP dan ASP menurut mereka tidak jauh bedanya, malah ada yang mengatakan ASP itu adalah Bahasa Pemrprogram dari PHP…berikut saya jelaskan perbedaan dari ASP dan PHP…???

ASP dan PHP merupakan bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat website. Tidak seperti halaman web HTML biasa, ASP dan PHP lebih dinamis dan mampu membuat para user bisa berinteraksi dan bertukar informasi dengan database website.

ASP merupakan kependekan dari Active Server Pages, suatu jenis program yang bekerja dalam Microsoft (Windows) melalui IIS (Internet Information Server). ASP memerlukan server Microsoft untuk menjalankan website. Sedangkan program PHP atau Hypertext Preprocessor berjalan di server Linux atau Unix. PHP yang lebih baru bisa berjalan di server NT.

Program PHP juga bisa berjalan di Windows, Solaris, Unix dan Linux sedangkan ASP hanya bisa berjalan di server dengan platform Windows. Baru-baru ini saja, ASP bisa berjalan pada platform Linux yang hanya ada bila sudah terinstall ASP-Apache di servernya.

Jika Anda seorang programmer mahir dengan bahasa C++, Anda mungkin akan lebih nyaman menggunakan PHP daripada ASP. PHP menggunakan C/C++ sebagai bahasa pemrograman dasar dan kebanyakan syntax-nya serupa antara yang satu dengan yang lain. Karena sebagian besar programmer masih menggunakan bahasa C++, PHP menjadi lebih populer dibanding dengan ASP.

ASP lebih banyak mirip dengan syntax dan interface-nya pemrograman Visual Basic. Hal itu dikarenakan pada dasarnya Visual Basic adalah berkorelasi dengan produk dan program-program buatan Microsoft. Jadi jika Anda seorang programmer, pemilihan antara ASP dan PHP sebenarnya didasarkan pada bahasa pemrograman mana yang paling Anda kuasai.

Jika dibandingkan dari segi biaya dan kemahalannya, program ASP membutuhkan Windows dengan IIS terinstall di servernya. Anda harus membeli kedua komponen tersebut agar ASP bisa berjalan. Sebaliknya, PHP hanya akan membutuhkan sebuah server Linux yang bisa Anda dapatkan secara cuma-cuma.

PHP sangatlah fleksibel ketika dikoneksikan dengan database. PHP bisa terkoneksi dengan beberapa database dimana yang sebagian besar digunakan adalah MySQL. Harap dicatat bahwa MySQL tidak akan membebani Anda sesen rupiah pun. Tapi bila Anda ingin memakai ASP, Anda perlu untuk membeli MS-SQL, produknya Microsoft.

Kecepatan me-load adalah faktor besar dalam memelihara website. Jika Anda sangat selektif soal kecepatan, Anda mungkin lebih membutuhkan PHP. Pada dasarnya kode PHP berjalan lebih cepat daripada ASP karena berjalan di space-nya sendiri sedangkan ASP menggunakan sebuah tambahan server dan menggunakan arsitektur berbasis COM.

Dalam bekerja dengan PHP, kebanyakan tools terasosiasi dengan program yang kebanyakan berupa open source software, jadi Anda tidak perlu membayar untuk mendapatkan tool tersebut. Tidak seperti ASP yang mungkin mengharuskan kita untuk membeli tool tambahan untuk bekerja dengan program ini.

Kesimpulannya: Baik PHP dan ASP mempunyai keuntungan dan kerugian. Pada dasarnya semua bergantung pada bagian pengembangan website mana yang akan Anda pilih. Apakah Anda mencemaskan biaya dari pembuatan website Anda? Apakah anda ingin menggunakan bahasa pemrograman yang familiar dengan Anda? Apakah Anda menginginkan website yang lebih stabil dan cepat? Pemilihan antara ASP dan PHP pada dasarnya tergantung pada preferensi Anda sendiri. Sebaiknya Anda berunding dengan programer atau webmaster lainnya dan cari sebanyak mungkin informasi mengenai kode pemrograman mana yang paling pas dengan website Anda.

He…. he… he… singkat banget kan.. tapi artikel ini menurut ane padat merayap.. jadi mudah untuk di cerna buat mereka yang hanya mencari seberkas pencerahan apa itu php? dan apa itu asp?

So thats it..

Resource by : http://ibnuleo.wordpress.com/2011/03/14/perbedaan-asp-dan-php/

Forum: http://forum.binushacker.net

About anggamovic

Web developer and web desain, just an ordinary man, but with brain more than ordinary man! Wordpress Developer : Created Desktop-Like Wordpress Theme Pc33 Dev : Mig33 Komputer Room Community

Check Also

daftar-situs-uderground-deep-web-binushacker

Daftar Lengkap Situs Underground Indonesia

Greeting BinusHacker Family, Berikut ini adalah list daftar situs UnderGround Indonesia / daftar situs Hacking …

31 comments

  1. php sama asp sama sama rumit 😀

  2. aktivis saritem

    ane lebih pilih php, soalnya hostingan linux murah :LOL

  3. Bagaimana dg securitynya om..? php banyak jg yg jebol lho..! Asp yang versi net(aspnet) kyakna lebih aman dibanding yg jaman asp jadul. Php yg versi 5 jg udah lebih baek, tapi kayaknya masih secure java deh. Gak tau klo di banding ruby ato yg laenya…! cuma pengamatan orang awam sie..! Gue gak tau apa2..! hehe….!

  4. dua2nya sama2 ampuh…

    asp.net lebih kaya fitur… reporting(crystal report dll.) terus dukungan dari vendor lain mengenai framework (datadymaic, component studio) makin memperkuat kemampuang asp.net.

    php juga ngak kalah, sekarang ini banyak juga framework (ci, yii, prado), dan yang jelas free & opensource.
    tapi namespace sepertinya baru ada di versi 5.3.x, kalau asp.net sejak framewok 1 sekarang sudah framework 4

    so.. tinggal pilih deh.., yang mana aja ok… 🙂

  5. Aku lebih suka PHP, ringan dan gratis gan…

  6. Ini yang dibahas ASP Classic atau ASP.Net? Bedanya jauh banget lho…

  7. berhubung ane dah kenal dgn ASP.NET duluan ya gmana lagi,,,
    Tp mksih Om untuk pembelajaran-a ntar ane bandingin,,,

    😀

  8. jlas bngt yg tdnya gk th jd th mksh ats infonya

  9. Ojang Suparman

    Mantap PHP

    Thanks Gan Atas Infonya

  10. Udah jatuh cinta ma PHP meski masih lom bisa optimal

  11. ane lagi cari buku php n html klo ada yang tau kabarin ya alnya susah nyari buku nya niiiii

  12. PHP yang baru dipelajari, kalo ASP malah belum pernah sama sekali 😀

  13. Kalo ada program php expired, bisa diedit gak apanya yg expired itu? Serius ntar dikirim langsung. Trims 4 PHP experts

  14. ane lebih suka html. mau dibuat jadi php at aspx tinggal ganti ekstensi dan sedikit modif saja 🙂

  15. Mantab…..
    nice share gan…..

  16. sama2 rumit wkowkowkw

  17. jika ada yang bilang pemrograman itu rumit, mungkin anda kurang memahami konsep algoritma pemrograman, dasar-dasarnya semua ada disitu,
    terus terang saya pake bahasa pemrograman apapun oke2 saja, paling saya harus ditune dulu sedang pakai bahasa pemrograman apa, karena setelah saya pake beberapa bahasa pemrograman intinya adalah sama…. so bagi temen2 yang baru belajar bahasa pemrograman, jangan terpaku pada nama dan jenis bahasanya saja, tapi kuasai konsep pemrograman terutama algoritmanya…
    perbedaan yang mendasar adalah syntax nya saja, tapi logika tidak beda dan syntax tidak perlu dihapal, karena bisa pecah kepala jika dihapal hehehe….

    back to topic:
    memang banyak juga yang membahas hal serupa, perbandingan PHP dan ASP/ASP .Net, tapi klo menurut saya buat apa kita membanding-bandingkan bagus kita pelajari aja satu, kuasai semampunya, terus latih, cari contoh-contoh, lalu terapkan, ada seorang ahli bilang “Belajar dari contoh bukan salah satu cara tapi satu-satunya cara”…
    jika sudah jago, yakinlah rupiah akan menghampiri anda, bukankah itu tujuan akhirnya hehehe….
    :::Logikan bukan hanya milik orang pintar…

  18. tetap PHP lah,,,, gratis dan cepat. Untuk keamanan, tergantung dari si programmerx ngodingx kyk apa..,

  19. bandingkan PHP VS Java VS ASP.NET, klo diwebsite ini knapa bahas asp classic ?

    asp classic ga usa di bahas itu produk lama & beda jauh sekarang zaman
    ASP.NET dan Java + Jsp, segala hal yg bersifat komersil termasuk produk akan bertahan lebih lama & berkembang pesat karena dikembangkan oleh perusahaan bukan komunitas, kita perhatikan zaman th 1990 s/d 2002 booming open source spt linux tapi kenyataan yg terjadi dilapangan hampir semua merk laptop/komp baru OS nya produk mikocok, semua instansi pemerintah user + IT nya pake produk mikocok kecuali sebagian kecil yaitu server2nya doang pake Linux, mensosialkan open source menjadi gagal karena semua org tdk hanya berpikir idealis tapi harus realistis (Multiplatform ? omongkosong)

  20. lebih baik terlambat dari pada ga komen! ane newbe belajar tentang php ,html ,apa agan 2 bener bener ada yg bisa menbuat php tanpa bantuan vb

  21. mntap gan..
    tapi bicara asp jgn cumA terpaku dgn syntax vb.
    masih ada yg lainya bahasa program tuk asp.

    kedua2nya bisa di combine

    salam
    baNgtiray

  22. hadehh,, terlambat gw ngoment nya, tapi menurut gw php dan asp sama sama bagus koq dan sama sama agak rumit 😀

  23. menurut ane mah,harus d pahami tuh alogoritma y,hayan sadah berbeda sytak y doang

  24. gan minta refrensi buku yg ngebahas dari akar smpe ujung pohon.
    isinya html,html5,css,css3,php dan mysql
    thxx 4 all

  25. Kalo menurut gue sih ASP karna gue bisanya Ï七凹 “̮ ƗƗɐɐ•• “̮ ƗƗɐɐ••.., tapi PHP buat gue penasaran katanya sih wuss wusss kecepatannya, ASP ma lelet gan conecsi databasenya, mungkin karena gue pake yang clasik kali Ƴɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊ɑ̤̥̈̊, tolong share dimana bisa dapat buku PHP lengkap yang ngebahas dari akar sampe panin, gue mau migrasi ke PHP ah. Terima kasih banyak infonya sangat bermanfaat gan.

    Mampir ke http://www.batulanteh.com

    Buat beli kopi gan hehe

  26. wah mending php… klo asp nih jg baru baru ngerjain project dan rumit juga hahah

  27. wah wah ini nih pembicaraan yang ane suka, membandingkan antara PHP dan ASP.Net, heem ente lebih baik belajar dulu deh bro, mengenai ASP.net, karena .net itu ga cuma bisa pake sql server aja bro :/ bisa menggunakan berbagai maccam DBMS lainnya baik yg komersil ataupun yg gratis contohnya MySql,
    Trus ane emg akuin PHP itu lebih terkenal dan lebih dominan pemakainya dibandingin dengan .Net, tp menurut ane dari segi sintaks lebih manusiawi membaca codingan .net deh bro, dibandingin PHP, heem ane sih cuma membari saran aja bro, klo membandingan itu harusnya ente, ga berat disalah satu opsi tp dari yg ane lihat ente lebih memberatkan ke PHP bro..

  28. @dendi
    Tapi kok ane lebih susah lihat syntax asp.net ya bro dibanding php. Mungkin karena basic VB jadi lihat asp.net lebih gampang, tapi kalo basic dari c pasti gampang php dan lagi javascript juga mirip php syntaxnya..Trus prepare environmentnya lebih gampang php…di windows tinggal pke xampp…Kalo asp.net wah install IIS trus NET framework ini yang ada versi2. Blom hostingnya

    Tapi semua kembali ke masing2 juga…peace

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *