Binus Hacker - Independent Hacking Community   Subscribe to BINUS HACKER Subscribe to BINUS HACKERSubscribe to BINUS HACKER FacebookSubscribe to BINUS HACKER Twitter

Perang Dingin User Linux Dan Windows

3 January 2012
Penulis:   · Kategori Artikel: News

BINUS HACKER Binus Hacker Is Not Criminal Banner





Konflik antara Linux &  Windows

Oke, sebuah posting dengan judul yang rumit dan aneh. Disini, saya akan membahas apa yang menyebabkan konflik antara user windows dan linux beserta pemecahannya. Ada 2 golongan disini. Saya yakin bahwa user A akan berkata, “Ah, orang kurang kerjaan. Cuma bisa mbandingin windows dan linux. LOL!”. Sedangkan para user B akan berkata, “Hmm, apaan nih posting? Kayaknya penting untuk dibaca!”.

Ya, perkataan kedua user itu benar. Hanya saja kurang tepat. Terutama yang dikatakan user A, sangat-sangat kikuk. Tidak bisa membedakan kah anda antara kata “Pemecahan” dengan “Pembandingan”? Kalau saya punya uang, sudah pasti saya kirim lagi ke SD!

Baiklah, yang pertama, saya jelaskan SEKALI LAGI fakta-fakta sebenarnya tentang linux :

Penjelasan.

  1. Linux tidak sepenuhnya aman
    Ya, saya berani 100% berkata seperti ini. Windows sangatlah rawan dengan virus dan desktop-attack lainnya. Tapi lumayan aman dengan web-attack. Di linux, tidak ada yang namanya Virus. Yang ada hanyalah Rootkit. Rootkit hadir di beragam sistem operasi seperti, Linux, Solaris dan Microsoft Windows. Rootkit ini sering mengubah bagian dari sistem operasi dan juga menginstall dirinya sendiri sebagai driver atau modul kernel (dari wikipedia). Kalau linux benar-benar aman, buat apa ada kaspersky versi linux?
  2. Tidak semua distro Linux gratis
    Ya, tidak semua distro linux itu gratis. Misalnya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL), dihargai sekitar satu juta sampai sepuluh juta rupiah! Tentu saja distro RHEL ini ditujukan untuk keperluan khusus, misalnya server, dll.

Tanya Jawab.

  1. T: Katanya Linux mahal ya? Harganya bisa sampai ratusan ribu ya?
    J: Iya, jika kamu membeli linux untuk keperluan server seperti RedHat Enterprise Linux. Selain itu, banyak distro linux gratis didownload, dan harga CD Linux pun hanya berkisar sekitar Rp5000-20.000 saja.
  2. T : Beberapa orang mengatakan Linux itu susah dan hanya untuk keperluan bekerja. Benarkah itu?
    J : Iya, jika kamu menggunakan Linux yang Jadul. Sekarang, sudah banyak distro linux yang tampilannya lebih keren dari windows dan juga User-Friendly.
  3. T : Katanya Linux itu bisa membuat kita meng-hack linux itu sendiri karena kita otak-atik?
    J : Tidak. Cobalah definisikan kata “hack”. Memangnya user windows tidak pernah mengutak-atik windows itu sendiri?
  4. T : Kata teman saya, tampilan linux itu jelek dan tidak menarik. Benarkah?
    J : Salah! Coba anda cari screenshot Ubuntu 11.10. Jauh berbeda dengan windows yang cenderung terlihat monoton di semua versinya.
  5. T : Berapa rata-rata harga CD distro linux?
    J : Kalau anda minta CD-nya dikirim (misalnya kita beli di online-shop), tentu saja kita diminta membayar ongkos kirimnya. Tapi, kalau anda mendownload file .iso distro-nya, tinggal sediakan CD Kosong dan burn! Simpel kan?

Kenapa tidak disebutkan “Macintosh/Apple” disini? Kan sama-sama OS yang merajai dunia komputer?

Macintosh tidak diikutkan, karena hubungan Mac dengan Linux dan Windows saat ini relatif stabil.

Sekarang, kita bahas terlebih dahulu apa itu Windows & Linux. Windows, adalah salah satu OS, ya, OS. Sedangkan Linux sebenarnya adalah “kernel”. Kernel ibarat otak. Jadi, kernel adalah pengatur segala sesuatunya di suatu OS. Nah, para pengembang-pengembang Linux memanfaatkan kernel ini dan membuat tampilan GUI, sehingga tidak hanya berupa background hitam dan text putih seperti waktu dulu.

Salah satu yang membedakan Linux dan Windows ini adalah prinsip dan latar belakangnya. Windows memiliki prinsip closed-source dan memiliki latar belakang komersial di bawah naungan Microsoft. Closed-source ini artinya tidak membagikan kode sumber secara bebas. Sehingga orang yang ingin menjadi pengembang Windows harus bekerja untuk microsoft.

Bagaimana dengan linux? Linux memiliki prinsip open-source dan latar belakang non-komersial. Open-source disini adalah kebalikan closed-source, kode sumber boleh dibagikan secara bebas. Latar belakang non-komersial ini juga turut membuat perkembangan Linux menjadi sangat pesat. Ada beberapa hal yang perlu diingat, arti dari opensource adalah sebagai berikut :

  1. Bebas dikembangkan dengan cara apapun.
  2. Bebas digunakan semua orang.
  3. Bebas digunakan untuk kepentingan komersial dan pendidikan.
  4. Bebas didistribusikan dengan cara apapun. Termasuk dengan cara dijual.

Oke, sekarang kita akan menggunakan istilah “proprietary”, (dalam hal ini adalah Microsoft), dan OSS untuk Opensource Software.

Selain masalah salah kaprah tentang OSS yang berbayar dan gratis, ada lagi yang masih terlihat salah terhadap OSS yang lain, yaitu masalah penggunaan Open Source. Pertanyaan yang menimbulkan masalahnya adalah begini: “Kapan Anda menggunakan OSS?”.

Ternyata banyak yang masih bingung jawabnya. Ada yang beralasan gak bisa jawab karena masih menggunakan sistem operasi proprietary terkenal sejagad raya bernama Windows. Saya cuma bisa geleng-geleng kepala dan mengelus dada. Untuk kasus di atas mungkin kernelnya tidak open source. Tapi bisa saja aplikasi yang digunakan sehari2 adalah OSS.

Katakanlah ada Mister X yang merupakan pengguna setia Windows (genuine). Selain memanfaatkan Windows (operating system proprietary), Mister X adalah seorang pengembang aplikasi web. Dia menggunakan IIS (web server proprietary) sebagai toolsnya. Kemudian pada IIS-nya dia menanamkan PHP engine, menginstall dan mengkonfigurasi MySQL server agar bisa berjalan baik di komputernya. Untuk mengecek hasil desain aplikasi web nya, Mister X menggunakan Mozilla Firefox. Untuk contoh ini, maka kernel Windows Mister X emang bukan OSS. Source code kernel Windows tidak disediakan untuk publik secara bebas.

Web Server IIS Mister X juga tidak bisa dimodifikasi seenaknya, karena source codenya hak cipta Microsoft (Proprietary). MySQL Server Mister X adalah salah satu produk OSS. Kalo gak percaya anda bisa download source codenya di situsnya. Siapa tau sampean pengen ngembangin MySQL Server versi sendiri.

Dalam contoh ini, Mister X hanya sekedar memanfaatkan OSS. Tapi kan Firefox yang dipake Mister X juga produk OSS. Free pada OSS adalah free dalam arti “bebas”, bukan “gratis”. Lebih tepatnya bukan “Free” tapi “Freedom”. Karena tidak semua OSS dihargai nol rupiah alias gratis. Lagipula, tidak semua Proprietary Source juga berbayar. Ada juga yang nol rupiah alias freeware.

Alangkah bagusnya jika kita menggunakan OSS secara menyeluruh. Mulai dari pake kernel yang memang kode sumbernya terbuka seperti Linux atau BSD. Sampe aplikasinya juga OSS. Pengguna OSS ada dua jenis menurut saya, yaitu golongan yang memang butuh source code dari program lain untuk pengembangan softwarenya lebih lanjut. Serta golongan simpatisan OSS aja. Karena prinsip berbagi source code seperti berbagi jasa aja. Kalo ada orang lain yang ngasih source code secara cuma-cuma, maka rasanya “nggak enak” gitu kalo kita yang pengembang juga ga ngasih harga cuma-cuma juga.

Oke, back to topic. Intinya, kita tidak bisa menggunakan salah satu saja dari 2 OS ini. Bila anda memakai Windows, web yang anda kunjungi, 99,9% saya yakin serverwebnya adalah Linux. Jarang sekali ada web yang servernya windows, karena manja dan harus direstart ulang setiap harinya. Sedangkan server linux? Serverweb linux bisa berjalan 5 tahun tanpa manja dan tanpa minta direstart ulang.

Oh iya, sampai lupa, Apple juga turut serta dalam pengembangan komputer di jagad raya ini. Bebarapa distro linux, GUI-nya terinspirasi dari tampilan Macintosh. Tapi bukan berarti mencontek dan mengklaim-klaim lho ya… :P

Tidak hanya itu, Apple juga turut berpartisipasi untuk menaikan harga komputer di dunia ini. Hehehe… :)

Lalu, yang membuat Linux kurang populer? Ya, jam terbang alias waktu munculnya sudah dicuri start oleh Microsoft dan Apple. Jadi, ya wajar saja kalau terjadi adu mulut dan kemampuan di antara 2 user OS ini.

Perlu diingat, saya tidak membanding-bandingkan, hanya membahas masalah konflik ini saja.

Salam Open Source!

Referensi : http://gosc.info/index.php/artikel/10-jangan-saling-ledek.html | http://blog.tibandung.com/open-source-software-free-vs-free/

BINUS HACKER Binus Hacker Chat and Forum

Komentar

55 Komentar Untuk “Perang Dingin User Linux Dan Windows
Silahkan Berikan Tanggapan Anda Untuk Artikel Ini...

  1. hari pada 3 January 2012 1:25 am

    Wah….
    Betul banget tuuu gannn,….
    Gooo!!!! Open Source…..

  2. tri pada 3 January 2012 2:03 am

    hidup linux :D

  3. Maykhel David pada 3 January 2012 2:04 am

    Wahh… Sayang banget yahh…
    Harusnya mereka kolaborasi aja…
    Buat ngembangin OS baru yang mungkin lebih hebat dari microsoft atau linux yang sekarang… !!!

    Huahhh…
    Smoga doa saya terkabul
    Amin !! hehehe…

  4. Eko Puryanto pada 3 January 2012 3:07 am

    open source memang baik… khususnya linux tapi di balik open source itu lah terjadi masalah banyaknya versi linux yg muncul.. byk versi yg muncul membuat user bingung juga mau milih yang mana, apalagi linux selalu melakukan perubahan terlalu cepat… dalam hitungan bulan sudah berganti versi ( ini mengakibatkan kita sulit utk mencari tempat utk bertanya, sulit utk memecahkan masalah sendiri kecuali gabung ke forum2 linux).. sesuai prinsip BERSATU KITA TEGUH BERCERAI KITA RUNTUH.. mungkin linux pun begitu… selama tidak dicptakan keseragaman 1 LINUX.. amatlah sulit utk mengalahkan WINDOWS yang notabene hanya 1… tidak ada yg membuat kecuali MICROSOFT… kalo mau mengalahkan WINDOWS.. LINUX harus MERGER jadi 1 … biar gampang cara penyelesaian masalah, trouble shoot.. dll… selama LINUX gak bersatu.. menurut saya sangatlah sulit utk MENANDINGI WINDOWS….

  5. Geri-miS pada 3 January 2012 6:20 pm

    :10:
    sayamah lieur “

  6. Vian Outsaider pada 3 January 2012 10:29 pm

    Bener tu gan kta @Eko Puryanto
    Moga Linux nomer 1

  7. jony pada 7 January 2012 9:53 am

    sayangnya window lebih banyak dipakai drpd linux.kl sementara ini linux utk kalangan terbatas aja.sedang window utk kalangan luas.(intasi/kantor lbh suka memakai window office drpd office org)

  8. tech pada 9 January 2012 4:33 pm

    sepertinya salah jika judul thread ini “Perang Dingin User Linux Dan Windows” cuz…menurut gw…yang di tulis di sini hanya membandingkan sisi baik linux dan sisi buruk windows..sang penulis lebih mengacu kpd linux…di banding windows…
    mungkin judul ini lebihcocok “kelebihan linux dibandingkan windows”
    lagian juga kan gag da yang sempurna..kalo ada yng bilang sistem dia sempurna,,,maka dia bohong!…
    lagian juga gini…emang,,ubuntu ver 11.10 lebih bagus dari windos..ta[i kenyataannya di lapangan…lebih banyak yang make windows tu..karna lebih terbiasa dan sangat mudah digunakan..belum lagi kalau nanti windows 8 keluar..ya siap siap saja..linuk dan bawahannya(distro) harus lebih sigap untuk menandinginya…

  9. Irkham pada 11 January 2012 10:42 pm

    Hdup. . . . Semua . . !

  10. chipus pada 18 January 2012 11:52 pm

    mas tech…khususnya di indonesia memang pamakai win lebih banyak ketimbang linux, namun seandainya di indonesia UUD pembajakan berjalan dengan baik dan juga di dukung oleh moral yang baik, apa pengguna wind akan sebanyak sekarang..???? lah hampir setiap orang berteriak benci maling dan sebangsanya namun tidak nyadar hasil malingan dah nemani dia sehari-hari (walaupun tidak semua-nya)…coba aja bayangin harga original wind berapa, office berapa, photosop berapa, corel berapa, DLL berapa..???jadi alasan mas bukanlah satu2 kenapa lebih banyak make wind ketimbang linux…

  11. ady pada 21 January 2012 2:17 am

    bentar lagi windows 8 akan dirilis gan….”linux terabaikan”..heheheee

  12. ragil pada 25 January 2012 11:28 am

    hidup… hidup…
    merdeka…..

  13. Fajrul pada 2 February 2012 4:09 am

    minta ijin share ya

  14. maman pada 7 February 2012 7:05 pm

    ya…ya..ya…semua dites aja, tapi kalo mau aman yang suka keluar kota dianjurkan make linux aja, untuk menghindari pejabat bea&cukai, kalo mau nyoba OS yang lain mudah, tinggal instal VirtualBox aja, trus pasang os yang mau dicoba ,cuma usullllllll…euy.

  15. anton pada 9 February 2012 1:46 am

    ya klo ini sih menjelekkan windows. gak boleh begitu menjadi orang..toh qt belajar komputer pertama kali qt bisa pasti ya makai windows ya kan..bukan menggunakan linux.. pembohong besar kalo di bilang pertama dia belajar menggunakan linux munafik itu.. dan ternyata di lapangan mulai dari anak kecil belum sekolah sampai tua kebanyakan menggunakan windows kok bukan linux.. qt tidak boleh menjelekkan 1 sistem operasi.. didunia ini tidak ada yg sempurna ma.. qt harus berpikir dan ber asumsi yg baik2 lah jgn menjelekkan..ok

  16. Pinguin pada 9 February 2012 5:35 pm

    Oke mari kita go ke Linux sama-sama walau harus bersusah payah dahulu kata pepatah nenek moyang “BERAKIT RAKIT KE HULU BERENANG-RENANG KETEPIAN” Go to the FREEDOM

  17. Ulquiorra pada 11 February 2012 6:04 am

    om , kenapa yg di bahas hanya negatifnya windows , lagipula sebagai gamer , saya lebih suka windows , karena semua game dapat di buka di windows , klo di linux gk bisa hehehe XP , dan di indo kayaknya lebih banyak yg make windows deh

    whahaha lmao

  18. linak walooh pada 17 February 2012 8:11 am

    mau linux atau pun windows..

    pahami jalan yang anda tempuh.. sistem yang jangan merugikan diri sendiri.. sadar akan kelemahan sistem operasi..

  19. bociL pada 19 February 2012 8:23 pm

    haddoohhh,,, rieut euy, pusing.! gk ngarti, tapinya kepengen ngarti.!!
    ternyata pengatahuah saya masih terlalu minim.!!!
    bisa di bilang hanya 0.001% dari sekian % nya.

  20. anonym pada 22 February 2012 8:28 pm

    belajar, belajar, belajar… INDONESIA !!!!!!!!

  21. kopet pada 25 February 2012 1:02 am

    ia nih…. mending kita sabatan yuk… antara linux and windows.

  22. ALZAN SHIGATSU pada 25 February 2012 12:45 pm

    sya setuju dengan mas “tech” judulnya kaaknya kurang tepat deh :D ini mah cenderung kejelakn win nya yg di bawa .. bukan karena saya user win tapi semua disini pasti sudah tau kebanyakan aplikasi bsa jalan di win,jadi yaa pastilah lebih banyak user win dimana pun itu :).. dan yg namanya kehidupan pasti salaing melengkapi,, sekarang gini aja kalow seandainya windows ikut2n menjadikan dirinya open source saya boleh tanya apakah masih ada yg pake linux ?? hehehe
    banyak alsan bagi microsoft untuk menjadikan windows closed source dari segi perutaran perekonomian dunia,nggak bisa di bayangkan kalow semua applikasi diwindows itu harus open source dan jadi gratis ,, wah gimana para vendor cari uang tar yaaa ?? mereka juga mempekerjakan manusia ,n manusia juga butuh makan :D
    >> windows gudangnya pembajak<< yaa gini aja kita sebagai mahluk kere aja gt pengen nikmatin applikasi bintang 5 . apakah itu harus cuma jadi mimpi ?? makanya sang pembajak ada, nggak mungkin kan orang kere mau beli applikas seperti sony vegas pro yg sampe 600$ ?? :)
    haraamm tauuu ..dosa tauuu . . kata2 itulah yang selalu di geber penggguna linux :D
    kayak ortunya jadi PNS nggak bayar uang rokok aja :D
    dan kalow mau bicara soal haraamm juga saya mau tanya seperti kata admin di atas 99.9% serever web didunia adalah linux . nah lhoe apakah anda tidak sadar situs2 porno meraja lela, banyak moral2 pemuda rusak gara2 situs begituan .. pembajakan terjadi karena server yang mumpuni ,, coba bayangkan kalow situs2 seperti itu menggunakan servernya windows ??? yang manja dan minta restart mulu ?? :D nggak bakal situs porno tuh bertahan lama kan ?? :D
    bisa dikatakan gini aja
    user windows membajak untuk mengasah otak dgn applikasi2 bintang5 yang keren2 tapi nggak bisa dibeli dangan gocek yg di punya ..
    dan user linux memberikan open sorce mumpuni server yang hebat untk kelangsungan situs2 porno dan semacamnya :D
    kembali ke hati anda saja ok ?? setiap hal pasti ada kekurangan dan kelebihannya :D
    oyaa kita juga tau kalow OS pembajak(tracker paling berbahaya juga dari linux) OS backtrack :D .. salah nggak yaa ?? maaf kalow salah yaa ?? :D hehehehe

  23. jay_amd pada 1 March 2012 4:12 am

    tidak dipungkiri saya kenal awal komputer memakai windows..

    kemudian mulai mempelajari dunia komputer dan akhirx berkenalan dengan sistem operasi lain yg menggunakan kernel linux..

    saya tidak pernah menjelekkan windows maupun linux karena saya menggunakan dan membutuhkan keduax untuk bekerja..

    menurut saya semakin banyak sistem operasi semakin banyak pilihan dan itu semakin baik.. daripada cuman dimonopoli 1 OS itu malah tidak akan membuat banyak orang mau belajar.. :)

  24. Rabbit Inc pada 5 March 2012 5:10 am

    mantap artikelnya,, Indonesia Go Open Source!!

  25. vile pada 16 March 2012 5:10 am

    serius deh? ini dah tahun 2012 masih ngomongin linux?
    coba baca di sejarah apa yg dulu membuat end-user (power user khususnya) melihat linux sebagai OS alternatif?

    Karena win95 sucks!
    inkonsisten, buggy, rentan virus,[masukkan kejelekan win95 yg lain disini] dll.

    tapi itu 17 tahun yg lalu, dan seiring dengan waktu, windows telah tumbuh dan berkembang menjadi sebuah ekosistem yg sangat mapan. Dan dengan demikian membuat linux menjadi irrelevant (if not obselete!)

    Argumen yg menyatakan linux lebih penting karena lebih capable utk menjadi server itu invalid.

    Mengapa?

    Coba tanya sama para web designer, mereka bikin content web pake OS apa?
    Atau tanya sama James Cameron film avatar wtku bikin lebih banyak pake OS apa?
    Kalo masih kurang coba tanya lagi sama Mark Rein, dia bikin Unreal Engine pake OS apa dulu?

    Kesimpulannya, sebagian besar konten yg kita nikmati sekarang baik itu film box office/games/web internet dll, kontennya dibuat di windows kok

    Bayangin dunia tanpa windows? wow gelap!
    Bayangin dunia tanpa linux? hmm, harus restart server tiap hari? i can live with it!

  26. kisanak dari pantai pijat karenah dollar lagi turun yg penuh kegalauan anak muda yg senang duduk sama rendah,berdiri sama2 pada 28 March 2012 8:15 pm

    wahai user baraindware yang terhromat:

    semua tergantung tujuan dan kebutuhab: kalo dikau memprioritaskan multimedia maka u pilih si ginaputihtergigit, jika dikau butuh flexibiliitas dekstop bermandikan aplikasi bisnis dan official funchtion yg familiar makas pilihla jendelamicrogates, tpi jika dikau butuh yg terbuka, hasrat develop,phracking, sedikit aman(bullshietlah yg 100% aman)dan ada kesan gengsi, ada jga yg karena mau dibilang pintar dan tampil beda maka pakailah di pingukutubjakettebal..

    ngomong soal konsep business: microsoft jelaslah lebih gaul bro, psikologi mnginpact user mreka udah levelnyaa dewa, mreka uda jauh dari kegalauan.

    ngomong soal colek colek , maka user opensource mulutnya lebih sering terbuka dan mencolek user win32.

    marketlah yg menentukan kesempurnaan sebuah karya, karena disanalah kebutuhan begitu banyak, begitu luas dan begitu menilai.

    makassar 1945. by naga bonar | juru kunci pijatpanti makassar | something gue duduk ngoprek win32 & vanila pinguing opensource dan ngirimin karya gue buat gatesfondation dan rpm(sayawindowsjugalinux….kalo ellus syapa)| kalian bilang ini bagus itu bagus karena kalian mengujinya belum begitu serius baru ngebumi menjadi user, yah kadang exploitasi,attack he…he… sekali2lah ngedevelop. dan siaapa yg bilang di linux nga ada virus…………………..

  27. brigade81 pada 3 April 2012 3:47 am

    hemm… Pke linux ..udh pke windows ..yaa…emg dri dlu..mlhan satu kompy ma satu lepy ane instal muane tuh duo OS… Dri pada pusing mikir perbedaanya…open source ma closed source nya..mendingan pelajari ja tuh DUO OS …ma kpan jago” programer indonesia wt OS komputer ..sendiri… hehe.

  28. Andal pada 7 April 2012 12:49 pm

    Windows Oke

  29. wulan pada 19 April 2012 5:55 am

    hiduppp Open Sourceeee :D :D

  30. zzzzz pada 7 May 2012 3:53 am

    dark

  31. obi pada 12 May 2012 8:54 pm

    saya tidak setuju dengan statement anda !!
    karna menurut saya linux lebih aman dari windows ..
    kenapa demikian,, karna meskipun di windows banyak fitur & aplikasi yg awam dan mengagumkan , tetapi sangat mudah di jebol oleh virus / jaringan spyware lainnya !!
    meskipun windows itu ori !! kalau linux tidak mempunyai fitur / aplikasi yg wow !! tetapi tidak bisa di jebol virus !! kalau kaversky di linux, itu hanya lha politik ekonomi perdagangan !! karna yg memakai linux 1000 : 2 di indonesia !! :) trim’s

  32. cowok dayak pada 15 May 2012 2:04 am

    g da yg smprna bang, slma tu buatan mnusia psti ad mslah mka dri tu brsma2lah qta prbaikix jgn mlah mnjlek2kan, hmm….

  33. tech pada 15 May 2012 9:40 am

    sekarang gini,windows gag bisa membaca format hardisk ext punya linux,
    terus rata2 driver komputer di windows harus ada cd /dvd drivernya tapi kalo linux kebanyakan langsung plug n play.
    tapi kenapa windows gtu????
    karna mereka merasa dibutuhkan….jadi windows gag usah reput repot buat bundel OS yang support bwt sgala macem merk driver..buat apa juga windows mikirin hardisk yg formatnya ext???
    gag penting…windows tidak perlu repot2dengan kedua hal itu.toh banyak yg support dy…cuz yang pake dy juga banyak..dy gag usah repot2 kaya si linux..repot untuk bisa ngebaca format NTFS,repot bikin Bundel yg support buat Driver..
    tapi bayangin…gimana kalo gag ada windows?
    semua OS berpatokan pada windows(itu pasti) hampir semua OS yg ad di dunia,smua berpatokan pada windows,dari segi perkembangan dan fitur2nya..
    terus..user friedlynya….
    yang ngejailbreake iphone pke windows..yg biar gampang Ngeroot Android pke windows,,unlokbootloader pke windows,,aplikasi kebanyakan di windows,,hacking juga bisa pke windows…(modu modul CEH juga kebanyaka pke windows)…terus apa yang kurang???:D
    logikanya, jika IGOS terlaksana…sseluruh badan pemerintahan indonesia akan memakai linux sebagai pusat komputerisasinya…alasannya biar lebih murah dalam pembiyayaan setiap komputer,..tapi dari hal itu apa iya dewan pemerintahan bakal langsung bisa pke linux?
    otomatis harus membayar orang yg ahli dong untuk 1)pengajaran 2)Pemeliharaan 3)tenaga ahli..bukankah itu salah satu pemborosan juga???
    otomatis orang yang di bayar itu pasti lebih tinggi bayarannya dibanding teknisi windows.menurut saya itu juga salah satu bentuk pemborosan juga,,:D…jadi buat apa pakai yang ada,,kalau tidak dimanfaatkan dengan baik??:D

    owh ya lupa..gw pernah magang di kemetrian kebudayaan dan pariwisata INDONESIA,bag pusat data,,,disitu 90% komputer kryawannya menggunakan OS windows BAJAK…98,5% menggunakan Windows..jadi kalo pemerintah aja pke yg bajak…apalagi kita???
    dan satu lagi…kalo INDONESIA GO OPEN SOURCE…kapan kita bisa se kaya BILL gates???
    miskin seumur hidup donk programmer indonesia(padahal gaji programer indo lebih kcil di banding negara2 lain)

  34. indra biee pada 21 May 2012 8:21 pm

    apa aja os na jang penting komputer na bisa we pake

  35. katon pada 3 June 2012 5:18 am

    Kalo ane pake linux gara-gara ga punya duwit buat beli windows yang genuin. Ane 3 hari penasaran gara-gara linux. hehehe

    Hidup OPEN Sources !!!

  36. Fajar Kurnia pada 4 June 2012 6:19 am

    Gak Usah Mikirin linux / windows

    Yukk bikin OS sendiri

  37. C pada 19 June 2012 6:48 am

    klo w sih Windows user, setiap OS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing2, tapi klo menurut w Windows masih tetep lebih baik dari Linux klo diliat dari segi umum dan keperluan.

  38. bejo pada 9 July 2012 5:25 pm

    yaaaaa…… pilih aja apa mau kalian….. kagak usah ngejelek-jelekin yang lain, toh akhirnya juga kita kerja cari yang mudah… karena pada prinsipnya komputer, program itu alat bantu kita untuk kerja…. kalau yang ngeciptakan program ya.. silahkan berlomba…. tapi bagi kami kan milih yang frienly aja….. GITU AJA KOQ REPOT !!!

  39. bee pada 6 August 2012 10:27 am
  40. kopok pada 6 August 2012 11:35 am

    Gini ajah , simple , apakah windows bisa membaca partisi linux , dan sedangkan si linux bisa . dah ituh ajah. berarti intinya siapa yang lebih anu. hahahaha

    linux ajah bisa masuk ke windows , apakah windows bisa masuk ke linux .. hahahhaaha

  41. conanari pada 30 August 2012 9:08 pm

    emang kalo windows itu sering di bajak , nah itu lah kepintaran orang orang kita untuk membajaknya, untuk apa ilmu kalo tidak di gunakan kebaikan, windows kan baik, apalagi windows itu mudah digunakan, kenapa kita tidak bergerak? mungkin saja, kepintaran orang orang yg bajak itu bisa digunakan di intansi intasi lain..

  42. Ricky pada 5 September 2012 9:39 pm

    tapi bener windows itu rentan di bobol virus ,,, bayang in berapa game yang di bobol oleh virus dan jadi banyak citer ???

  43. KhamielPangolin pada 8 September 2012 10:26 pm

    Ga usah terlalu di blow up untuk masalah OS A dan OS B.. kembali lagi aja pada pribadi masing2.. terserah mau pake yg mana aja… Selama masih bersifat untuk pembelajaran dan edukasi. Terima kasih.

  44. nio pada 28 November 2012 1:38 am

    untuk windows, makasih udah ngasih referensi OS yang nyaman di masyarakat.
    untuk linux Juga makasih udah ngembangin OS yang aman serta nyaman untuk tipe orang tertentu.

    semoga perkembangan linux sebaik dan senikmat windows (sudah terjadi).

    tapi untuk para pengembang software-software OpenSource, tolong dong jangan berenti sampe’ mengembangkan.

    masa’ OS nya bagus tapi aplikasinya Kurang berkenan dibanding aplikasi untuk windows?

    masa’ harus pake’ emulator exe terus? gak sejati dong? kan opensource, bukan close source.

    Saya berharap suatu saat FruityLoops10Studio ada versi opensource nya, dari pada pake LMMS ato emulator. Bikin geregetan dan ILFeel…

    Betul Juga tuh… Seandainya ada OS yang Setangguh Linux dan senyaman Windows serta sepowerfull MacOS.

    Salam Kenal

    “dari golongan masyarakat yang mendambakan kemudahan, dan sekedar bukan kebanggaan saja”

  45. DEWA pada 5 January 2013 7:55 pm

    hahahahax… Kami pengguna 2 OS yakni Microsoft (bikin kesel karena harus Berbayar setiap produknya), dan Linux (sedang mendalami Backtrack).
    Kelebihan Microsoft hampir semua Aplikasi bisa dijalankan, dan Untuk Linux agak cukup repot juge mencarinya di Internet.

    Hidup BACKTRACK/SLACKWARE

  46. Ferdy pada 12 January 2013 9:10 am

    Linux VS WIndows

    Who is The winner :P

    both of the is the winner :D :D :D

    bagi yang suka maen game / pecinta game sejati ya gunakanlah os windows :D :D :D
    Linux emank punya windows emulator (WINE) tapi ga bsa jalanin game berat spt assasin cred, resident evil, lost planet, dark sider,dll sejenisnya :D :D :D

    kate sape linux ga pernah crash/hang??
    coba aja maenin game di atas pake wine linux,, pasti linux (pinguin) anda akan K.O seketika :D :D :D

    nah kalo yang pecinta resulosi (kyk sy) pasti milih os windos :D :D :D
    linux belum terlalu support HD technology :p
    coba aja muter video full HD 1080i pake player bawaan linux secara terus menerus slama 5-6 jam pasti hang :P :P :P
    direct x linux juga masih 9 belum suport yang 11 :D :D :D
    VGA card nvdia GTX570Ti yang seharusnya sudah support pixel shader 4.0 hanya terbaca 2.0 di linux :D :D :D

    bagi pecinta desain / desainer linux adalah kuburan :D :D
    Bagi pecinta game / Gamers sejati (bukan gamer solitare) linux adalah tong sampah :P :P
    Bagi Pecinta audio / video linux adalah gudang (t4 penyimpanan file doank) :-P
    TAPI bagi progammer / Hacker Linux adalah surga maya :D :D

    OS windows mank selangit harganya :P :P
    tapi sesuai dengan harga, kualitas GuI yang sepadan, Applikasi yang tersedia, ketermudahan utk didapatkan, lidah ga bisa bo’ong :p :P

    Linux mank security tinggi jarang Crash / HAnk / Virus Kurang,, aman lah pokoknya
    tapi bagi para org indo 70% menganggap security linux sebagai neraka..
    karena dengan Komputer / OS yang Sering CRASH / HANK / VIRUS MERAJARELA itu adalah sumber kehidupan / surga mereka yang mengharapkan Komputer org laen cepet2 Crash / HANK / Data LOSS DLL supaya di bawa ke t4 Mereka :D :D :D

  47. je pada 1 February 2013 1:58 am

    tapi bingung gan. hrus belajar dari siapa ??? dari internet n buku ??? krang seru

  48. maulana pada 25 February 2013 7:11 pm

    saya netral hahahaha :D

  49. hadi pada 4 March 2013 11:39 am

    make os harus sesuai kebutuhan.. kalo mau di gunakan untuk server maka disarankan memakai linux karena tingkat keamanan yg lebih daripada windows. perlu di ketahui server pacth untuk update windows masih menggunakan linux.. .. untuk kebutuhan develop game,grafis, hiburan.. pakailah windows tapi yg ori.. tidak bisa dipungkiri aplikasi windows lebih banyak dari pada linux.. tinggal mau di pake untuk apa.. kalo karya anda ingin dihargai oleh orang lain.. hargai dulu karya orang lain dengan menggunakan yg ori.. kalo hanya sekedar untuk internetan dan multimedia linux tersedia tanpa harus kuatir dengan virus .. namun jika mau game online/ofline ya pakai windows.. tapi ug ori.. karena ori akan memperkecil saat pertama install kalo bajakan kita ga’ bisa memastikan apakan saat mencopy komputer dalam keadaan sehat.. ato pas kita download dari server torrent apakan file windows masih besrish ga’.. itu alasannya,, berpikirlah jernih.. sekarang notebook kita hddnya rusak.. sedangkan harga lagi naik hddnya.. kebutuhan mendesak.. apa solosulinya agar kita masih berhubungan dengan internet.. kita masih ada opensource live cd dengan membutuhkan 150-200mb.. masih bisa di installkan ke flashdisk.. mau pake livecd windows? kita hanya sekedar pemakai.. pintar2lah melihat kondisi..

  50. V-Cracker pada 19 May 2013 7:12 pm

    Ada KOK OS BARU DENGAN KERNEL BARU
    KYK ReactOS
    http://www.reactos.org/

    http://id.wikipedia.org/wiki/ReactOS

  51. aan pada 28 May 2013 2:58 am

    ijin copas bro…
    :D

  52. Cinta damai pada 1 June 2013 4:41 am

    Halah… Gitu aja koq diributin,mending gak usah kenal windows ato linux biar gk ribut(tapi aku kenal semua sih he..he..he.)

  53. linux itu TAIK pada 3 July 2013 12:22 pm

    halahh, kenal kmputer aja dari windows tpi udah brani jelek2in windows.

    Emang linux bisa apa ?

    Emang ada film box office yg terkenal di olah pake software linux ? Kagak ada bung :P

    Emang ada film anime yg kren2 ntu di buat pake software linux ? Kagak ada men :P

    emang ada game linux yg bisa nyaingi game windows ? Kagak ada bro :P

    Emang ada forum designer yg make gimp ato inkspace ? Yg ada jga corel ama photoshop yee :P

    emang ada arsitek ato teknik sipil yg make software linux buat ngerancang bngunan gdung2 megah ? Kgak ada tetap aja softwarex windows yg di pake.

    linux mah bisax maenin tampilan desktop ama tmpilan htam lgamx terminal doank.

  54. AnonK7 pada 26 July 2013 5:34 am

    kok gak ada ya yang ngeributin OSx/Mac?
    wakakakakak :D

  55. indra pada 18 February 2014 12:05 pm

    tekno.kompas.com/read/2013/12/30/1210150/nsa.juga.sadap.komponen.hardware.komputer

    nih buat abang2 buka aja link diatas

    yu sama2 pelajari aja bang

    piss

Silahkan Berikan Tanggapan Anda...