Binus Hacker - Independent Hacking Community   Subscribe to BINUS HACKER Subscribe to BINUS HACKERSubscribe to BINUS HACKER FacebookSubscribe to BINUS HACKER Twitter

Penyebab Email, Facebook, Twitter Kena Hack

6 April 2011
Penulis:   · Kategori Artikel: News

BINUS HACKER Binus Hacker Is Not Criminal Banner





Berbagai alasan facebook kena hack, berbagai sebab email kena hack, twitter kena hack. Apa sih sebenarnya yang terjadi?

Yuk, mari kita telaah lebih dalam lagi, apa yang sebenarnya terjadi:

Kita mulai dari diri kita sendiri:

  • Terkadang kita kurang terliti dan kurang hati-hati dalam menyikapi sesuatu, disertai dengan andrenalin yang tinggi yang ada pada diri kita, sehingga menyebabkan kita tedor dan lupa atas apa yang kita lakukan.
  • Kurang waspada dan jeli dalam melihat sesuatu, sehingga membuat segala sesuatu menjadi buta, tuli & tak berasa.
  • Kurang merasa memiliki dan kurang menjaga apa yang kita miliki, sehingga kita membuat mudah dan menganggap enteng segala sesuatu.

Dari penjelasan diatas, beberapa hal yang menyebabkan email, facebook, twitter, dsb kena hack adalah:

  1. Kurang jeli memperhatikan URL Address (Alamat URL), misalkan: http://www.facekook.com, http://facebook.website.com, padahal URL yang sebenarnya adalah http://www.facebook.com. Nah jika anda mengklik situs tersebut, maka anda sudah masuk jebakan batman, karena mungkin bisa saja isi dari website dapat mengandung scam / phising / fakelogin / virus / malware, dsb & Account Anda Raib!
  2. Tergiur dengan tipuan yang menggoda, sehingga terjebak pada kesalahan yang fatal, misalkan: “Foto Bugil Artis ABCDE, silakan klik link berikut: http://www.andaterjebak.com“, “Video Mesum Aktor CDEFGH, Baru Loh, silakan klik: http://www.artisvideoporno.com“, “Hadiah besar menanti, Blackberry gratisan: http://www.webpalsugratisan.com“, dan masih banyak tipuan & trik yang lainnya. Sudah pasti tahu apa yang akan terjadi bila mengklik situs tersebut, maka bisa jadi akan bertemu link scam / phising / fake login / virus / malware /spam & Account Anda Terhack apabila anda melakukan penginputan user & password email di situs tersebut!
  3. Tidak pernah berfikir bahwa ada “Backdoor, Trojan, Spyware, Keylogger” dalam komputer yang digunakan saat ini, sehingga lupa untuk melakukan checking terhadap aplikasi & service yang sedang berjalan saat ini. Misal: Windows -> Tekan “CTRL+ALT+DEL“, kemudian muncul Taskmanager, checklah aplikasi & service yang berjalan, apabila ada aplikasi / service yang mencurigakan silakan di “End Process / End Task”. Linux: Tinggal ketik “ps- aux”, kemudian kill -9 aplikasi yang mencurigakan. Hapuslah autorun melalui regedit di windows atau hapus crontab di Linux.
  4. Kebanyakan tidak mengetahui bahwa password email, facebook, twitter, dsb haruslah BERBEDA. Jika password keseluruhan account yang kita miliki sama, maka akan mempermudah sang hacker untuk memasuki account kita yang lainnya. Namun yang paling penting adalah JAGALAH PASSWORD EMAIL DENGAN BAIK, karena email merupakan akar dari account yang lainnya. Misal: Password email “h4Ck3r$3jAt1“, password facebook “f@c3b()()kk03“, pasword twitter “b3rk#!c@u“, yang terpenting adalah harus berbeda & mudah di ingat.
  5. Email dianggap sesuatu yang kedua, karena sangat gampang untuk membuat email, hingga password email lupa karena hampir tidak pernah membuka email yang dibuat. Password email saja lupa, apalagi “Secret Question” nya, ketika dalam kasus Facebook, Twitter terkena hack, maka akan sangat sulit untuk merecovernya kembali.
  6. Malas untuk melakukan update account profile / account setting terhadap email, facecook, twitter, dsb. Sehingga informasi mengenai “Alternate Email, Secret Question, Alamat, No. Telp” kadang di isi sembarangan bahkan kadang tidak di isi. Inilah account yang sudah kena hack tidak akan pernah kembali lagi kepada pemiliknya.
  7. Tidak ada waktu untuk melakukan perubahan secara berkala terhadap password, passwordnya selalu sama dari awal pembuatan sampai saat ini. Inilah yang dapat menyebabkan password masih bisa dipakai andaikan password sudah masuk dalam log sang hacker walaupun lognya sudah 1-2 tahun yang lalu.
  8. Mengisi password secara sembarangan, mudah untuk ditebak & password yang lemah, misal: “abcdef”, “12345″, “21101986″, “201282″, “ayulovejelek”. Biasanya kebanyakan orang mengisi password dengan “Tanggal Lahir, Namadepan & Belakang, Hari Spesial, Nama Pacar, No. HP, Keluarga“. Password harus dibuat minimal terdapat “Alfabet Character, Angka, Symbol & Panjangnya Minimal 10 Character” hal ini bertujuan untuk memperkuat password, password harus sesuatu yang berbeda yang mudah di ingat oleh kita sendiri dan untuk mempersulit ketika ada aktifitas BruteForce terhadap Account.
  9. Hal yang paling sering adalahLupa Logout & Lupa Clear Browsing Historysetelah kita melakukan aktifitas browsing di internet sehingga kebanyakan sang hacker menggunakan cookies yang sebelumnya untuk mengambil alih account & tentu saja account akan hilang ditelan malam. Kebanyakan hal ini terjadi di warnet atau tempat public internet.
  10. Salah satu yang paling  rentan & karena malas untuk mengisi password, sehingga yang digunakan adalahRemember Password, sebaiknya walaupun itu laptop pribadi, pc pribadi, sebaiknya kita tinggalkan kebiasaan ini, karena cukup mudah untuk mengambil account apabila ada “remember password”. Terdapat tools yang juga bisa merecover password yang disave di Browser.


Beberapa hal tersebut yang membuat account terkena hack, akan saya berikan Clue kepada Pembaca BinusHacker yang setia:

  1. Manusia adalah VULNERABILITY (Sebuah Kelemahan / Kerentanan) yang TIDAK PERNAH BISA DI PATCH! Jika sang hacker sudah pusing & tidak berhasil untuk menghack system. Maka sasarannya adalah MANUSIA itu sendiri, karena Manusia memiliki kelemaan yang tidak pernah bisa di PATCH, kecuali atas se ijin Yang Maha Kuasa :)
  2. Setiap saat dan setiap waktu setiap ada Bug di sebuah system, developer akan bertindak untuk melakukan PATCH. Oleh sebab itu TIDAK AKAN PERNAH MUDAH UNTUK MELAKUKAN HACK ACCOUNT DIDALAM SYSTEM THE BIG 5 (GOOGLE, YAHOO, MICROSOFT, FACEBOOK, TWITTER). Jadi sebaiknya berhati-hatilah apabila ada jasa penawaran untuk melakukan hacking “Yahoo, Facebook, Gmail, Twitter” dsb, apalagi meminta bayaran & via online. Yang pasti duit anda akan raib begitu saja.

Untuk pembaca setia BINUSHACKER, tetap waspada, teliti, hati-hati dalam menyikapi sesuatu & JANGAN MUDAH TERTIPU oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena jujur saja, banyak Inbox yang masuk di email saya yang meminta bantuan untuk recover password, hack password, facebook kena hack, yahoo kena hack, hotmail kena hack, gmail kena hack, dan ada juga yang tertipu karena melakukan pembayaran tetapi barang  tidak dikirimkan. (Untuk Yang Merasa: Mohon Maaf Apabila Semua Belum Sempat Saya Balas) dikarenakan banyak hal penting lainnya yang harus dikerjakan.

Keep Save, Keep Watch, Keep Learn & Dont Forget We Have Unpatched Vulnerability :)

Kalau tidak sibuk & mau jalan-jalan sambil browsing silakan mampir di website sederhana saya: www.utuhwibowo.com

Enjoy & Eat It!

BINUS HACKER Binus Hacker Chat and Forum

Komentar

34 Komentar Untuk “Penyebab Email, Facebook, Twitter Kena Hack
Silahkan Berikan Tanggapan Anda Untuk Artikel Ini...

  1. yuji pada 6 April 2011 5:43 pm

    bagus, inilah penyebabnya
    mengenai password seharusnya kita mengkombinasikan huruh kapital,angka, huruf kecil dan simbol2

  2. lililionk pada 6 April 2011 6:13 pm

    MANTAP GAN!!!
    Ane sebarin ke temen2!!
    Thanks gan!!
    TOP BGT :D

  3. starkey pada 6 April 2011 9:26 pm

    nice share… :-)

  4. ryu255 pada 18 April 2011 7:29 pm

    yap bener banget,,
    pertamax gan,,

  5. imam pada 20 April 2011 12:29 am

    bang minta 1 sih bintang nya tolong ya aku pengen bener tar tak kirimin cash 200000 ribu lah ya………..

  6. andesia pada 27 April 2011 5:59 pm

    bugus ni gan..
    trus bagaimana kita membuka facebook yang terkena hack..?
    thx

  7. blackshadow pada 1 May 2011 10:50 am

    nah tu,baca baik2…
    jjr ja,w salah satu hacker tu…

  8. kambing pada 1 May 2011 2:05 pm

    berbagi ilmu dengan ahli I.T
    mantaappp…makasih gan !!!

  9. dausbajing pada 7 May 2011 6:29 am

    cukup beralasan juga….
    bener juga, mending buat password yang bikin bingung aja

  10. Rahman pada 12 May 2011 7:43 am

    sipp bang artikel yg Anda tulis emang berguna,kdng aku emang kurang teliti org nya trims banyak…..

  11. arges pada 28 May 2011 11:08 pm

    baguslah aku bisa tau ni keteldoran ku gara2 masuk ke armor live akun fb ku jadi terkunci.

  12. arges pada 29 May 2011 5:46 am

    oh ya bang lupa nanya ni! Apa akun fb kita yang terkunci sementara bisa di buka kembali?

  13. VinzFar pada 4 June 2011 6:00 am

    btul skali mas thanks :) ilmu makin nambah

  14. Rhudhie pada 7 June 2011 2:39 am

    gue pngn jdi haCker’s tp susah ada yg mau ajarin gue gk. ?ha ha ha

  15. BOY RESOFILT pada 10 June 2011 8:17 pm

    Nice Post, ijin copas link halaman’y eo, mu ane pasang d blog q

  16. BOY RESOFILT pada 10 June 2011 8:17 pm

    Nice Post, ijin copas link halaman’y eo, mu ane pasang d blog q blh ga ?

  17. Jay pada 12 June 2011 10:33 am

    Bg saya mau tanya toko online saya bolak balik di hacker kenapa ya bg,tks

  18. Rifka pada 16 June 2011 11:58 pm

    waah bagus nih tulisan , harus hati-hati sama peng-hacker , password harus beda , sip dah

  19. itjalitja pada 18 June 2011 6:52 am

    mohon bantuannya..
    password email saya kena hack. parahnya, saya lupa dgn jawaban untuk pertanyaan alternatifnya. di sini ada gak cara buat ngembaliin pasword biar bisa buka email saya lagi ?

    kalo bisa tolong kasih komen di blog saya yah -> itjalitja.blogspot.com

    terimakasih.

  20. kusuma pada 24 June 2011 1:59 am

    Pengetahuan yg penting dan berguna sekali, semoga bisa memahami dan mempelajarinya dgn baik .. to: gan .. bisa mnt tolong recover password Facebook nggak gan .. emailnya fitriangel25@yahoo.com, ini tidak bisa dibuka lagi captain .. klau bersedia tolong email ke saya gan .. atas pertolongannya saya ucapkan terima kasih .. > pekayon indah jak-tim

  21. bejo waras pada 25 June 2011 9:13 am

    tx. u gan infonya boleh ane ngiderin

  22. ifanajje pada 13 July 2011 12:37 am

    Thankz gan, berhubung pertamax mahal, ane kasih pertamax plus aja,,,.. hhehehehe

  23. richa pada 18 July 2011 4:58 am

    makasi om infonya……

  24. ĐŎnt'Măkĕ MĔ'săd pada 21 July 2011 4:46 am

    bangggggg saaaayyyyyyya ajja iiiiank pakekkkkk passworrrd gampang ditebak ajjjjjjjah kmarenn luppa ampek 1/2 tahunnnnn brrrrru ingt lg, aqiqiqiqi :p

  25. dan jiwaraga pada 30 July 2011 6:56 am

    kalo ane ngenet di warnet mah,,, mending restart aja kompinya,,,, dijamin aman (deepfreeze harus installed)

  26. desky pada 2 August 2011 9:01 pm

    mksh infonya

  27. desky pada 2 August 2011 9:03 pm

    mau tnya kl e-mailnya sam tp passwodnya berbeda apa msh bs kena hank jg

  28. cahya pada 3 August 2011 6:48 am

    waduh fbku kena hack.. gimana nih?? ada cara buka email yg lupa paswordnya ga ya :) :)

  29. Kang awall pada 15 August 2011 11:02 am

    Hallo bang admin,saya mau tanya nih,gimana sih cara memulihkan akun twitter saya yang kena hack?ditunggu bgt jawaban nya via email saya.sebelum nya saya ucapkan trima kasih dan salam kenal utk semua nya.

  30. tika pada 2 October 2012 6:05 pm

    Makasih infonya…tp saya terlanjur kena “jebakan batman”…udah terlanjur di klik dan sepertinya “ngendon” di kompie…ada yg tau cara menghapus jebakan batman di regedit windows? terima kasih agan2 semua…^^

  31. ferie pada 10 February 2013 8:49 am

    gan,twitter ane ga bisa masuk..pas reset pasword pemberitahuan ny masuk ke email tp pemberitahuan yg masuk ke mail bkan reset pasword akun twit ane..
    aneh nya itu utk twit yg bukan ane tp nama nya mirip ama twit ane cuma beda 1hurf doang,jd kayak ada yg bikinin ane twit baru..
    tlong di bantu ya gan gmn ane bisa dapetin twit ane lgi..
    di tunggu nih gan

    makasih

  32. Najwa pada 14 February 2013 9:03 pm

    nak tanya…
    nak buat macam mana ya
    kalau kita tak boleh nak buka profile kita sendiri dalam facebook?

  33. pangki pada 26 February 2014 12:04 am

    gan tolong fb aku kena hack
    ni nama emailnya peaceabiz@yahoo.co.id
    ntar ada pulsa gratiz buat agan..
    tolong gan ya

  34. pangki pada 26 February 2014 12:04 am

    gan tolong fb aku kena hack
    ni nama emailnya peaceabiz@yahoo.co.id
    ntar ada pulsa gratiz buat agan..
    tolong gan ya
    ni no hp aku gan 085279791087
    serius ni gan

Silahkan Berikan Tanggapan Anda...